Agenda Fakultas
Mar
14

HYBRID WEBINAR "KEWAJIBAN PAJAK W...

Selasa, 14 Mar 2023
Laksda Mardiono
Mar
13

SEMINAR "PENTINGNYA BRANDING"

Senin, 13 Mar 2023
Laksda Mardiono
Oct
19

PENGARAHAN KP SMT GASAL 2022 BAGI...

Rabu, 19 Oct 2022
M706
Sep
14

KULIAH TAMU DARI CEO GE EDUCATION

Rabu, 14 Sep 2022
Ruang Lakda Mardiono
Jan
24

KULIAH TAMU: MEMULAI BISNIS INTER...

Jumat, 24 Jan 2020
Ruamg Auditorium
Prospek Kerja Lulusan bidang Akuntansi Lebih Mudah Diserap

Apabila anda senang dengan pelajaran matematika, logika dan ilmu ekonomi dan secara umum anda ingin melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi, secara umum dapat disarankan agar Anda memilih jurusan akuntansi. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena disamping penyaluran bakat dan hobi anda, biasanya para lulusan jurusan akuntansi akan lebih mudah dalam mencari pekerjaan karena jumlah lowongan kerja dan tingkat penyerapannya lebih besar di perusahaan dibandingkan lulusan bidang ilmu ekonomi lainnya.

Bila berbicara masalah karir pasti tidak terlepas dengan siapa yang akan mempromosikan anda ke jenjang tersebut. Seperti diketahui bahwa rutinitas pekerjaan pada  bidang akuntansi adalah mempersiapkan laporan keuangan. Dimana detail laporannya biasanya bersifat rahasia dan hanya kalangan tertentu saja yang bisa mengkonsumsi laporan tersebut. Adapun pihak yang paling berkepentingan terhadap laporan keuangan terdapat pada level manajer hingga owner, guna mengetahui perkembangan dari organisasi bisnis mereka. Dan Apabila mereka merasa bahwa laporan yang anda buat bisa diandalkan, maka tidak menutup kemungkinan promosi kerja ke jenjang yang lebih tinggi akan mudah anda raih di masa yang akan datang. Melihat pekerjaan pada bidang akuntansi yang sangat strategis dan dibutuhkan oleh perusahaan, maka tidak begitu sulit bagi seorang lulusan bidang akuntansi untuk mencari kerja di perusahaan. Terlebih  tidak menutup kemungkinan, ilmu akuntansi tersebut sangat bisa di aplikasikan  dan dikembangkan bila anda berencana untuk memulai karir menjadi entrepreneur dan membuka peluang bisnis baru.

Sistem informasi, dengan dukungan teknologi informasi, telah menjadi komponen penting dalam organisasi bisnis modern yang sukses menjalankan usahanya, karena mampu membantu dalam pengembangan bisnis dan mengelola keunggulan kompetitif. Alasan penggunaan teknologi informasi dalam ilmu akuntansi antara lain adalah: efisiensi, penghematan waktu dan biaya, dapat menyajikan laporan keuangan dengan benar serta perlindungan atas aset perusahaan melalui internal control yang baik. Perkembangan teknologi informasi,  berdampak signifikan terhadap sistem informasi akuntansi (SIA) dalam suatu perusahaan, dampak yang dirasakan secara nyata adalah pemrosesan data yang mengalami perubahan dari sistem manual ke sistem komputer. Perkembangan ilmu akuntansi dengan dukungan sistem informasi akan sangat mempengaruhi dalam penyajian laporan keuangan dan cara pemeriksaannya (audit)

Untuk saat ini, Indonesia masih kekurangan tenaga akuntan atau auditor muda yang memiliki kemampuan tambahan (value added) yang jarang dimiliki oleh orang lain. Semisal seorang akuntan dengan kemampuan penguasaan perpajakan, manajemen atau sistem informasi. Hadirnya program studi S1 Akuntansi Stikom Surabaya dapat menguntungkan mahasiswa, karena mahasiswa akan memperoleh beberapa ilmu sekaligus. Dimana ilmu akuntansi yang dipelajari sangat berkaitan karena sistem informasi. Sebagai fakta, dalam suatu organisasi bisnis modern tidak akan terlepas dari perhitungan dan pemeriksaan akuntansi dan begitu pula sebaliknya. Perusahaan akan lebih cenderung memilih lulusan yang menguasai bidang ilmu akuntansi dengan memiliki kemampuan tambahan daripada merekrut beberapa tenaga kerja dari jurusan yang berbeda. Adapun prospek kerja lulusan bidang akuntansi, antara lain adalah: Junior auditor, junior auditor sistem informasi, akuntan publik, konsultan pajak, internal auditor, konsultan bisnis dan keuangan, staf akuntansi dan keuangan, manajer keuangan tingkat menengah, konsultan sistem informasi akuntansi dan software house owner.